Jalas Veva Jaya Mahe

Tuesday, 14 February 2017

Soal UKP Dinas Jaga ATT 3


Dinas Jaga

1)      Prosedur serah terima jaga mesin dan pengaturan dinas jaga yaitu:
a)Sebelum serah terima jaga, jaga lama harus melaporkan tugasnya kpd pengganti jaga dan meyakini laporan tsb telah dimengerti dan melaksanskan tugas jaganya.
b)      Jurnal jaga telah diisi lengkap dan ditandatangani oleh petugas jaga lama sbg pertanggung jawaban tugas jaga.
c)Regu pengganti jaga hrs telah berada ditempat tugasnya (dikamar mesin) sedikitnya 15 menit sebelum serah terima jaga.
d)     Melakukan pengamatan bersama kedua regu jaga.
e)Jika terdapat perbedaan yg mencolok dari parameter yg sesungguhnya dgn yg dilaporkan ke jurnal jaga, maka dilaporkan ke KKM.
f) Jika pengganti jaga telah mengerti dan menerima tugas jaga yg akan dilanjutkan maka barulah regu jaga dpt meninggalkan kamar mesin.
Pegaturan dinas jaga yaitu:
Ø  Pelaksanaan tugas jaga diatas kapal baik deck maupun mesin, diatur berdasarkan ketentuan STCW 1978 Amandemen 1995 Bab VIII yg mengatur hal hal yg diperlukan oleh awak kapal, selama melaksanakan tugasnya baik di pelabuhan maupun dilaut atau berlayar.
2)      Persyaratan minimal sertifikat jaga mesin dan tanggung jawab perwira mesin sbg wakil KKM yaitu:
a)Setiap KKM atau masinis II disebuah kapal yg digerakkan mesin utama berkapasitas 3000 kW harus memiliki sertifikat yg sesuai.
b)      Setiap calon hrs memiliki sertifikat , mempunyai persyaratan memperoleh sertifikat sbg seorang perwira yg bertanggung jawab atas tugas jaga mesin.
3)      Persiapan mesin utama utk olah gerak meninggalkan pelabuhan dan tindakan setelah selesai olah gerak yaitu:
Ø  Order satu jam tiba/tolak telah ditandatangani oleh pengawas jaga.
Ø  Melakukan Persiapan2:
a)Pelumas pada oil level gauges.
b)      Periksa compressor udara, posisi switch auto tek bejana 30 Kg/cm2 dan dicerat. Hidupkan motor bantu/GE utk persiapan olah gerak.
c)Persiapan mesin kemudi dan koordinasi dgn anjungan utk test kemudi.
d)     Hidupkan pompa L.O dan F.O gear box kiri atau kanan.
e)Switch manouver harbour mode posisi on.
f) Hidupkan pompa L.o hidrolik cpp kiri dan kanan.
g)      Koordinasi dgn anjungan utk test telegraph dan merelease/blow up
h)      Hidupkan pompa air tawar pendingin, sebelumnya matikan pemanas awal.
i)  Hidupkan pompa air laut.
j)  Pindahkan komando dari ECR ke anjungan.
k)      Mencatat seluruh kegiatan olah gerak dgn benar.
l)  Hidupkan, start kiri/kanan pada idle.
m)     Beritahukan keanjungan bahwa power bow thruster stby.
n)      Olah gerak selesai/full away.
o)      Pindahkan komando dr anjungan ke ECR.
4)      Salah satu contoh tindakan menghadapi keadaan darurat yaitu:
a)Mematikan pengoperasian mesin penggerak utama, generator listrik, separator limbah, ketel uap dll yg diperlukan.
b)      Menutup katup tanki bh. Bakar.
c)Menutup pintu kedap dan pintu kamar mesin.
d)     Membunyikan tanda bahaya.
   Tugas jaga mesin selama kapal berlayar yaitu dilaksanakan bergantian setiap 4 jam sekali, yg merupakan kondisi terbaik utk ketahanan fisik dan dpt diulang setelah beristirahat selama 8 jam.
   Tugas jaga mesin pada saat kapal berlabuh jangkar yaitu dilaksanakan dgn perinsip jaga 24 jam secara bergantian , dgn tujuan agar awak kapal dpt diatur bergantian utk pesiar/meninggalkan kapal sehingga jaga pelabuhan effektif dilakukan penuh 24 jam atau diatur sendiri. 
5)      Pengertian tugas jaga diatas kapal baik deck maupun mesin, diatur berdasarkan ketentuan STCW 1978 Amandemen 1995 Bab VIII yg mengatur hal hal yg diperlukan oleh awak kapal, selama melaksanakan tugasnya baik dipelabuhan maupun dilaut atau berlayar.



0 comments:

Post a Comment

Entri yang Diunggulkan

KL Shiping Open Job Vacancy

URGENT FOR 1 VESSEL !!! NEED 2/O, 3/O, A/B (A), A/B (B), 1/E, 2/E, OILER & COOK FOR CHEMICAL TANKER KOREA NOTE : ALL INDONESIA CREW ( ON...

Followers